Senin, 01 Februari 2010

Pendidikan Penggalian Jati Diri


Tujuan pendidikan adalah menanamkan nilai-nilai luhur (imtaq), menggali potensi anak didik (sejatinya si anak didik) dan membekali mereka dengan keahlian pada bidangnya masing-masing.
Dengan imtaq mereka dapat berperilaku yang beradab (lawannya biadab) untuk mencari bekal kehidupan yang tiada akhir di akhirat.
Dengan mengetahui potensi diri mereka dapat menempatkan diri mereka pada posisi yang tepat.
Dengan keahlian khusus (keterampilan) mereka dapat bertahan hidup (survive).
Dalam hal ini, peserta didik dapat diprediksi menjadi orang-orang dengan perilaku terpuji walaupun terbentuk keberagaman potensi dan keterampilan.
Tapi pada satu titik mereka dihadapkan pada generalisasi normatif. Contoh pada kasus qunut dan tidak qunut. Seorang siswa terbiasa tidak qunut dan meyakininya. Sedangkan di sekolah ia diwajibkan menghapal doa qunut agar naik kelas.
Di sekolah, guru menyampaikan pelajaran dan siswa diharuskan mengikuti persis apa yang disampaikan oleh guru. Di sini terjadi transfer potensi diri sang guru kepada siswa, bukan penggalian potensi si peserta didik. Outputnya adalah seorang peserta didik memiliki kepribadian gurunya bukan kepribadian dirinya sendiri.
Setiap siswa seharusnya diberi keterampilan yang memang lahir dari potensi dirinya. Si A memiliki kecenderungan dan bakat dalam bidang menggambar/melukis. Sedangkan ia lemah dalam bidang Matematika dan IPA. Maka seharusnya sekolah menyediakan dan memberikan fasilitas yang seluas-luasnya bagi pengembangan bakat tersebut. Dan peserta didik diberi ujian yang sesuai dengan potensi mereka.
Tapi pada kenyataannya, siswa dipaksa untuk menghadapi ujian yang pada dasarnya bukan potensi mereka. Si ahli melukis dan si ahli ekonomi dipaksa untuk mengerjakan soal IPA. Dan malangnya, mereka kemudian dicap tidak lulus sekolah karena tidak mahir dalam bidang IPA atau Matematika.
Jadi, sebaiknya setiap siswa diberi soal-soal ujian yang sesuai pada bidangnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran selalu di tunggu... :)

GO...BLOG..!!!

Info Fotografi

ilmuGRAFIS.com

Desain Grafis Indonesia