Kamis, 03 Februari 2011

Google dan Twitter Bekerjasama Akali Blokir Internet Mesir

Demonstrasi besar-besaran warga Mesir yang menuntut  Husni Mubarak lengser dari jabatannya sebagai Presiden. (foto: metronews.com)
SAN FRANSISCO - Google berupaya mengakali blokade internet yang membelenggu rakyat Mesir. Raksasa mesin pencarian online ini menciptakan sebuah cara sehingga penduduk Mesir dapat memposting pesan ke Twitter.

Untuk merespon pemblokiran internet di Mesir, Google pun menyediakan sebuah cara baru yang memungkinkan warga mengirimkan tweet tanpa harus mengakses internet.

Diberitakan Straits Times, Selasa (1/2/2011), Google mengandalakan sambungan telepon untuk memungkinkan para warga memposting update ke layanan Twitter. Untuk memungkinkan hal ini, Google bekerja sama dengan Twitter dan SayNow.

Jika Google dan Twitter telah cukup terkenal di dunia maya, tidak demikian dengan SayNow. SayNow merupakan perusahaan perintis yang bergerak di bidang jejaring sosial berbasis suara. Dengan SayNow, warga Mesir bisa memposting tweet hanya dengan meninggalkan pesan suara di nomor telepon yang telah disediakan.

"Semua perhatian sedang tertuju ke Mesir sekarang. Baik untuk mengetahui kondisi terakhir maupun untuk berita terbaru. Pastinya mereka juga berpikiran untuk mencari cara membantu warga Mesir menghadapi situasi sulit ini," ujar manajer produk Google Abdel-Karim Mardini, dalam postingan di blog resminya.

"Selama hampir sepekan kami telah memikirkan cara agar warga Mesir bisa kembali mengakses internet, setidaknya memberikan informasi update dari Mesir. Kami pun menghadirkan layanan speak-to-tweet, yang memungkinkan semua orang memposting tweet hanya dengan menggunakan layanan suara," tambar co-founder SayNow, Ujjwal Singh.

Pesan yang ingin di-tweet cukup direkam di nomor telepon +16504194196; +390662207294 or +97316199855. Dengan demikian sistem SayNow akan langsung mengubah suara menjadi pesan teks yang kemudian dikirim ke akun Twitter dengan hashtag #egypt.

"Kami berharap upaya ini dapat membantu menolong orang-orang di Mesir untuk tetap terkoneksi dalam saat-saat yang sangat sulit sekarang ini,"

Tidak hanya mengubah suara menjadi teks, warga Mesir yang tidak bisa mengakses Twitter juga bisa mendengarkan tweet suara itu dengan menghubungi nomor yang sama, atau mendengar langsung secara online di alamat twitter.com/speak2tweet. klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran selalu di tunggu... :)

GO...BLOG..!!!

Info Fotografi

ilmuGRAFIS.com

Desain Grafis Indonesia